Review singkat beberapa karet licin ekonomis

15 October 2013



Hallo apa kabar semuanya... baru sempet posting lagi nih, hari yang cerah di saat Idul Adha tiba, selamat Hari Raya Idul Adha untuk Anda yang beragama Islam, dan selamat menyantap daging qurban... :)  jangan kebanyakan ya gan ntar kemengkaraan n puyeng lho kebanyakan makan daging hehe..

Kali ini saya akan membahas karakteristik beberapa karet licin ekonomis (dibawah 100rb) yang sudah pernah saya pakai, berikut reviewnya menurut versi saya yaaa.. :)

1. RITC 729 tackspeed 2000

Karet ini merupakan karet yang sangat popular di negeri china dan banyak digunakan oleh pemain tenis meja di seluruh dunia tentunya mereka yang menyukai karakteristik karet china, karet ini bisa dipakai untuk di backhand maupun forehand untuk mereka yang bertipe offensive atau all around.  Saya sendiri pernah memakainya di forehand pertama kali saya belajar bermain tenis meja agak serius hehe.. maksudnya dulu juga udah pernah bisa tapi sekedar tepak tepuk seadanya, kalo sekarang udah ada pelatih nih ceritanya cieee...  karet ini mempunyai karakteristik putaran tinggi untuk loop dan backspin (chop) kalo di tempel di blade yang stiff/kaku maka akan keluar suara seperti bola pecah, baik juga untuk flat hitt atau pukulan datar sedangkan untuk kontrol termasuk sedang, karet ini dapat menjadi senjata yang ampuh buat mereka pemain all around yang suka chop bola karena putaran backspin yg cukup tinggi lawan harus menggunakan tenaga untuk mengangkat / loop bola, spon yang digunakan medium hard tidak terlalu keras dan juga tidak juga empuk jadi sedang2 saja broo... sedangkan beratnya sedang.

2. LKT PRO XT


Sekarang brand nya di rubah menjadi KTL, Karet ini populer digunakan untuk backhand, selain kontrol yang bagus putarannya juga cukup tinggi karena spon dan top sheet nya yang empuk membuat kontrol bola semakin mudah, untuk kontrol bola yang lebih baik anda bisa coba dengan ketebalan 1,5 - 1,8mm, (saya pernah menggunakannya di backhand.) tapi jika anda lebih suka menyerang silahkan coba yang 2.0 - 2.2mm ketebalan ini baik juga untuk digunakan sebagai karet forehand untuk Anda yang menyukai permainan top spin atau loop bola karet ini bisa menjadi senjata yang ampuh dengan kontrol yang baik.  sponnya sangat empuk begitu juga karet topsheetnya dan termasuk rubber ringan.

3. CJ 8000 bio tech 36-38 degree

Karet ini juga merupakan karet yang populer karena kontrolnya yang baik dan cocok untuk digunakan di bagian backhand untuk Anda yang bertipe offensive, blocking dengan menggunakan karet ini sangat baik karena dapat mengembalikan bola dengan cepat kembali ke arah lawan dan jika Anda yang sudah mahir untuk block ball pasti akan menyukai karakter karet ini, karet ini baik juga untuk smash backhand, dan suara yang dihasilkan dari karet ini baik di blade/prim carbon atau all wood hampir mirip dengan suara khas karet donic... coba aja deh :), spon karet ini termasuk empuk namun dengan berat yg sedang, saya pernah pakai di backhand.

4. Dawei Navigator

Karakteristiknya hampir sama dengan cj 8000 di atas hanya untuk yang satu ini saya pernah mencobanya di bagian forehand, lebih ke top spin, kontrol bagus, namun saya lebih suka untuk di simpan di bagian backhand. Baik untuk Anda yang hendak beranjak ke karet Eropa karena karakteristiknya hampir mirip karena sponnya empuk dan topsheet nya juga elastic, lebih ke speed di bandingkan putaran jadi sangat cocok untuk Anda pemain depan meja yang suka memukul dengan gaya top spin atau quick smash.. suara yan dihasilkan juga mirip cj 8000, hmmm suara penting gak yah?? hhehe... kalo untuk memotivasi permainan so pasti penting kali ya.. meureuuun...alias barangkali.

5. Geo Spin Tacky

Naah karet ini termasuk karet ekonomis yang banyak digunakan di berbagai penjuru dunia, kenapa saya bilang begitu? silahkan gogling aja sendiri yaah hhe.. spon yang digunakan lumayan keras, topsheet nya sangat lengket atau tacky. Karet ini menghasilkan putaran yang tinggi untuk pemain offensive atau all around yang menyukai loop atau chop dan juga flat kill..., untuk menghasilkan putaran dan kontrol yang baik karet ini cocoknya ditempelkan di blade AR atau all around, biasa nya terbuat dari full kayu/allwood, namun jika anda sudah mahir dalam mengotrol bola karet ini bisa anda gunakan di blade karbon atau blade yang sudah di tambah material lain untuk menambah speed dari blade itu sendiri... saya pernah menggunakan karet ini di forehand.

6. 729 japan spon (xi enting)


Karet ini karekteristiknya hampir sama dengan RITC 729 tackspeed 2000 penampakannya juga sama, cuma bedanya speednya lebih tinggi dan spon yang digunakan adalah spon jepang punya, sponnya medium hard juga, saya pernah menggunakannya di forehand, putaran sangat tinggi ya begitulah karakteristik karet china terkenal dengan putarannya dibanding speednya. tapi jangan salah kalo putarannya tinggi otomatis speed bola ketika jatuh ke meja akan lari dengan kenceng lain halnya kalo jatohnya di luar meja alias keluar tetep keliatan melaju kencangnya tapi keliatan juga jeleknya hehehe...



7. Galaxy Mercury 2 

Naaah karet ini pernah lama saya pakai sangat saya sukai karena karakteristiknya, di pake spin/loop oke, di pake blocking oke juga, di pake smash or flat oke juga, speed lumayan kenceng, untuk spin/putaran lebih oke, kontrol sedang jadi sangat cocok untuk anda pemain offensive, karet ini enak di pake untuk close table maupun medium table, spon yang digunakan katanya sih moxa sponge (new tech. sponge), karet ini lumayan keras saya pernah coba yang 35 degree (empuk) sampe 41 (keras), performa hampir sama. cuma yang degree nya lebih besar speednya lebih oke, saya pernah pake di forehand dengan ketebalan 2.2mm dengan blade karbon satu sisi, saya lebih suka karet ini ditempelkan ke bagian yang tidak ber material/karbon. hmmm..., saya juga pernah pake karet ini dengan ketebalan 1,2 - 1,7 mm untuk sisi backhand, backspinnya oke banget tp kalo Anda yang suka looping dengan backhand pake yang 1,7 aja. spon nya sangat mudah sobek jadi hati2 kalo Anda hendak membuka dari blade.

8. Galaxy 9000 star

Karet ini merupakan karet dengan spon keras yang di disain dengan kontrol yang baik, katanyaaa... sy pernah penasaran apa iya karet keras bisa kontrol bola dengan baik? karena yang saya tau biasanya untuk kontrol yang baik itu yang menggunakan karet empuk, akhirnya saya coba beli dan gunakan karet ini, pertama kali saya menggunakan karet ini dengan ketebalan 1,5 untuk backhand karena saya sedang belajar kontrol blocking dan chop, wuiss ternyata putaran backspin yang dihasilkan sangat sangat luar biasa alias padattt... namun untuk loop backhand saya ga bisa kalo pake karet ini karena tipis dengan spon yang keras juga, tapi untuk blocking, push dan chopping mantap lah kayanya cocok untuk situ situ yang suka n'chop bola atau pemain defensive, penasaran pengen di pake di forehand saya tambahin dengan spon 0.6 dari 1,5 + 0,6 alhasil jadi 2.1 mm mungkin susut jadi 2.0 mm karena penggunaan speed glue... wuih ternyata oke sangat dan mantap untuk spin/looping bola dan smash n flatttt hit, kontrolnya juga bagus di kelas karet dengan spon keras. akhirnya saya beli deh yang 2,2mm untuk saya gunakan di forehand, karena saya tipe offensive namun ingin lebih kontrol cieee....


okeh... demikian review beberapa karet ekonomis yang pernah saya pakai.... mungkin dari review di atas Anda bisa melihat bahwa saya menyukai karet dengan spon medium / hard untuk bagian forehand. dan sy lebih menyukai yang empuk untuk sisi BH. tentunya karena alasan dan kesukaan saya sendiri...  tiap orang beda2 kesukaan.

saya juga pernah pakai karet/ rubber berkelas beberapa yg pernah saya pake adalah : T-nergy 05 (FH), bryce FX (FH), Sriver El (BH), Mark Vad (FH), Donic Coppa (FH & BH), X-tend (BH & FH) Xiom Vega Elite (BH), Hurricane III german Sponge (FH), DHS TG 2 (FH) mau tau reviewnyaa?? mungkin lain kali ya kalo saya lagi mood hehe.. kembali menurut versi saya, ok.

BTW rubber yang saya gunakan saat ini adalah Galaxy 9000 Star hitam 2,2mm untuk sisi Forehand saya dan Butterfly Bryce FX  2,0mm merah pada sisi Backhand saya, saya mau pakai ini dulu dalam jangka waktu yang lama sampai mantap dan blade yang saya gunakan adalah blade rancangan saya sendiri :), Untuk kalian yang pemula saya saranin jangan gonta ganti karet dulu pakai lah yang ada asalkan masih bagus walaupun harganya murah karena adaptasi dari satu karet ke karet lain itu tidaklah mudah bahkan pemain berkelas sekalipun, karet yang Anda gunakan saat ini adalah yang terbaik dan bisa menjadi senjata yang paling dahsyat kalo Anda sendiri sudah lama pakai tentunya karakteristiknya Anda lebih mengetahui.

oke sampe sini dulu ya... makasih atas kunjungannya, saya permios dulu mau makan daging qurban hhe.. Wassalamu'alaikum


9 comments:

  1. jagoan euy kang nanang, ajarkeun ah hayang jago jiga zhang jike....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biasa bro teori mah apal lah, prakteknya mah masih biasa2 aja keep learning aja bro hhe...

      Delete
  2. Bagusan mana nih? Yinhe 9000 vs Yinhe Mercury II vs Geo spin Tacky?

    ReplyDelete
  3. Kang,klo fh pake donic jo silver,bh untuk seven yg bagus pake apa ? (Blade donic liping kitex)

    ReplyDelete
  4. Kang,klo fh pake donic jo silver,bh untuk seven yg bagus pake apa ? (Blade donic liping kitex)

    ReplyDelete
  5. Trimakasih Bro Bagus Info Nya Saya Pake Dawei Unt forehand dan LKT Xp unt Backhand alhamdulillah ada kemajuan . berkat karet ekonomis untk mengganti karet lama Buterfly sriver unt backhand dan Ritc 2000 untuk forehand.

    ReplyDelete
  6. Trimakasih Bro Bagus Info Nya Saya Pake Dawei Unt forehand dan LKT Xp unt Backhand alhamdulillah ada kemajuan . berkat karet ekonomis untk mengganti karet lama Buterfly sriver unt backhand dan Ritc 2000 untuk forehand.

    ReplyDelete
  7. Kalau karet mark vad cocok untuk BH atau FH ya master, kalau boleh sharing pengalamannya untuk karet mark vad dan ak 47

    ReplyDelete
  8. Karet yasaka Mark V cocok2 saja mau backhand o forehand tergantung yg pakai (saat ini saya menggunakan untuk backhand ) kecepatannya termasu moderat macam sriver fx...untuk ak 47 dulu saya sempat pakai sebentar inini sangat kencang tapi gak baik untuk spin (saya sih gak suka ) satu lagi karetnya mudah lepas dari sponsnya macam yinhe ....

    ReplyDelete